Menyalakan Lampu Menggunakan Smart Phone dengan Blynk Application

Menyalakan Lampu menggunakan Smart Phone dengan Blynk Application



Memahami konsep IoT

    internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control , dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa aja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Smart connectivity dengan jaringan yang ada dengan menggunakan sumber daya jaringan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari IoT. Agar tujuan IoT sendiri berhasil diperlihatkan, paradigma komputasi perlu berkembang tidak hanya menggunakan scenario mobile dengan ponsel pintar dan perangkat portable saja, tetapi dapat berkembang menjadi penghubung benda yang digunakan sehari-hari dan menanamkan kecerdasan buatan pada perangkat tersebut.


Apa itu Smarthome?

    Smart home secara sederhana dapat diartikan rumah pintar. Smart home dapat diterjemahkan menjadi rumah atau gedung yang dilengkapi dengan perangkat berteknologi tinggi yang memungkinkan perangkat dan sistem yang ada saling terhubung. Sedangkan smart home system adalah sistem rumah pintar yang digunakan untuk mengendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan yang ada di dalam sebuah rumah atau gedung dan perintah tersebut dapat dikendalikan jarak jauh (remote)


Komponen Yang Digunakan


                                                   NodeMcu Esp8266        Relay             
                                                                 D2                          In Relay
                                                                 3,3V                        VCC
                                                                 GND                       GND

    1. NodeMCU ESP8266

      NodeMCU adalah sebuah platform IoT yang bersifat open-source. Terdiri dari perangkat keras berupa System On Chip ESP8266 dari ESP8266 buatan Espressif System, bahasa pemrograman bisa menggunakan Arduino IDE.

    2. Relay
    3. Lampu AC
    4. Aplikasi Blynk

    BLYNK adalah platform untuk aplikasi OS Mobile (iOS dan Android) yang bertujuan untuk kendali module Arduino, Raspberry Pi, ESP8266, WEMOS D1, dan module sejenisnya melalui Internet, dengan catatan terhubung dengan internet dengan koneksi yang stabil dan inilah yang dinamakan dengan sistem Internet of Things (IOT).


Membuat Interface Blynk APP

  1. Download blynk APP di Playstore/Appstore, kemudian Buka Aplikasi Blynk
  2. Pilih New project, 
3. Isi nama project dan device IoT yang akan digunakan, kemkudian klik create dan kode Auth akan          dikirim ke email kalian. copy kode auth dan masukan ke program arduino.
4. Tampilan Project yang telah dibuat, kemudian klik dasborad atau tanda + untuk menambahkan                 widget
5. Tampilan widget boxd, kemudian pilih styled button

6. Isi parameter Title dengan judul yang diinginkan, Piih pin bisa sesuaikan dengan yang kalian pakai,         ada Analog, digital, dan Virtual pin

  
7. Tampilan Project Home Automation, kemudian klik tombol segitiga atau play di pojok kanan atas         untuk menjalankannya







Source Code

#define BLYNK_PRINT Serial            
#include <ESP8266WiFi.h>
#include <BlynkSimpleEsp8266.h>
#include <ESP8266mDNS.h>  // For OTA with ESP8266
#include <WiFiUdp.h>  // For OTA
#include <ArduinoOTA.h>  // For OTA


BlynkTimer timer;

void checkPhysicalButton();

int relay1State = LOW;
int pushButton1State = HIGH;


#define AUTH "---------------------"  // Kode Authtontifikasi Blynk App.  
#define WIFI_SSID "---------"                   //Nama Wifi
#define WIFI_PASS "-----------"                   //Masukan  wifi Password

#define SERVER "blynk-cloud.com "             // Comment-out if use Blynk hosted cloud service
#define PORT 8442

#define RELAY_PIN_1       D2   //D2 Relay
#define PUSH_BUTTON_1     D1   //D1 Button
#define led               D5   //D6 Green LED
#define VPIN_BUTTON_1    V1 

#define OTA_HOSTNAME "Home_Automation"
BLYNK_CONNECTED() {

  // Request the latest state from the server

  Blynk.syncVirtual(VPIN_BUTTON_1);

  // Alternatively, you could override server state using:
 // Blynk.virtualWrite(VPIN_BUTTON_1, relay1State);


}

// When App button is pushed - switch the state

BLYNK_WRITE(VPIN_BUTTON_1) {
  relay1State = param.asInt();
  digitalWrite(RELAY_PIN_1, relay1State);
  digitalWrite(led, relay1State);
}

void setup()
{

  Serial.begin(115200);
  Blynk.begin(AUTH, WIFI_SSID, WIFI_PASS,"iot.serangkota.go.id", 8080);
  ArduinoOTA.setHostname(OTA_HOSTNAME);  // For OTA - Use your own device identifying name
  ArduinoOTA.begin();  // For OTA

  pinMode(RELAY_PIN_1, OUTPUT);
  digitalWrite(RELAY_PIN_1, relay1State);
  digitalWrite(led, relay1State);



}

void loop()
{
  Blynk.run();
  ArduinoOTA.handle();  // For OTA
  timer.run();
}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HMI WEINTEK Connect Arduino Menggunakan protokol Modbus RTU

Mengirim Data Sensor dari NodeMcu ESP8266 ke Spreeadshets atau Google Sheets